News

KPU Majene Akan Batasi Massa Jelang Pendaftaran

Suasana rapat koordinasi yang dilaksanakan KPU Majene bersama stakeholder terkait, di Ruang Rapat KPU Majene, Senin (31/8/2020).

Majene, mandarnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene melaksanakan rapat koordinasi pengamanan jelang pendaftaran bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati pada pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Majene 2020.

“Jadi kita melaksanakan rapat koordinasi bersama stakeholder terkait jelang pendaftaran Balon bupati dan wakil bupati yang akan dibuka pada tanggal 4 sampai dengan 6 September 2020,” jelas Arsalin Aras Ketua KPU Majene, usai melaksanakan rapat, di Ruang Rapat KPU Majene, Senin (31/8).

Menurut Arsalin, ada beberapa poin penting yang disepakati bersama oleh para stakeholder pada Rakor tersebut.

Pertama, katanya, pihak KPU tidak akan memasang tenda di pekarangan kantor KPU. Alasannya, selain karena sebagai upaya menjalankan protokol kesehatan menghindari kerumunan massa, juga karena sesuai aturan yang ada.

“Hal tersebut sebagaimana PeraturanKPU (PKPU) dijelaskan bahwa yang boleh masuk ke dalam ruang Sekretariat KPU saat pendaftaran nanti adalah ketua dan sekretaris partai pendukung, ditambah bakal calon bupati dan wakil bupati,” kata Arsalin.

Lanjutnya, sehingga yang bakal ada di dalam di Sekretariat KPU saat pendaftaran nanti adalah ketua dan sekretaris partai pendukung, Balon bupati dan wakil bupati, Komisioner KPU, perwakilan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), beberapa media serta intel dari kepolisian. Selebihnya akan berada di luar pekarangan.

Sementara untuk massa yang berada di Pekarangan KPU kata Arsalin, Kesbangpol akan segera melaksanakan rapat bersama stakeholder terkait, termasuk tim gugus tugas percepatanan penanganan Covid-19 Majene untuk membicarakan batasan massa aksi karena harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Jadi semua sudah kami koordinasikan, Polres, TNI dan Satpol PP juga akan memback up Bapaslon (Bakal Pasangan Calon) mulai dari titik keberangkatan atau sekretariatnya hingga ke KPU,” tandas Arsalin.

Arsalin menjelaskan pembukaan pendafataran pada tanggal 4 – 6 September akan dibuka mulai pukul 08:00 – 16:00 Wita. Sedangkan untuk hari terakhir yakni tanggal 6 September akan dibuka mulai pukul 08:00 – 24:00 Wita.

“Pasti kita juga akan berkoordinasi dengan LO Balon, tanggal berapa dan jam berapa dia akan datang mendaftar,” ujar Arsalin.

Arsalin berharap kepada Partai politik dan Balon agar melengkapi syarat calon dan pencalonan yang sebelumnya sudah pernah disosialisasikan KPU. (Putra)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close