News

Drainase Rusak Parah, Warga Rimuku Turun Tangan Swadaya

Sejumlah Warga di jalan Pengayoman, Kelurahan Rimuku, Mamuju. Melakukan Gotong royong memperbaiki drainase buntu.

Mamuju, mandarnews.com – Memasuki musim penghujan sejumlah warga di Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, terlihat secara swadaya bergotong royong memperbaiki gorong-gorong yang sudah lama rusak dan membuat sistem drainase tak berfungsi disimpang tiga jalan pengayoman.

Menurut Lurah Rimuku, Sunardi, Gorong-gorong tersebut dilakukan secara swadaya, ditengarai Gorong-gorong itu tak berfungsi lantaran ambruk termakan usia dan menyumbat sistem drainase yang membuat genangan air tiab kali hujan di wilayah sekitar.

” Ini dilakukan secara Swadaya, gorong-gorongnya tertimbun banyak sedimen sehingga air tidak mengalir, ” Tutur Sudardo pada Mandarnews, Jumat, (11/09).

Selain memperbaiki gorong-gorong, warga juga ikut membersihkan saluran air sekitar, yang sudah lama tak di keruk, meski di jalan pengayoman itu, terdapat Rumah Jababatan Sekretaris Daerah Kabupaten Mamuju.

” Masyarakat mengadu dan mengajak saya untuk bergotong royong, sehingga hari ini kita laksanakan, warga disini tidak mengharap pemerintah untuk bergerak, tapi memang murni dilakukan untuk memperbaiki akses, dan dilakukan dari biaya swadaya warga,” Lanjut Sunardi.

Dia berharap kedepannya dinas terkait lebih memperhatikan dan melakukan peninjauan terhadap kondisi pusat kota Kabupaten Mamuju.

“Kalau Dinas Pekerjaan Umum (PU) Perumahan dan Pemukiman (Perkim) turun, genangan air di ruas jalan pasti tidak terjadi lagi,”katanya.

Reporter : Sugiarto

Facebook Comments

Leave a Comment

Close