News

Hasil Verifikasi KPU Mamuju, Dua Bakal Calon Perlu Perbaikan

Pengumuman hasil verifikasi berkas syarat pencalonan bakal pasangan calon Pilkada Mamuju tahun 2020.


Mamuju, mandarnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju mengumumkan hasil verifikasi berkas bakal pasangan calon bupati/wakil bupati Mamuju pada Pilkada 2020 di kantornya pada Minggu (13/9) malam.

Hasil verifikasi yang dibacakan langsung oleh Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkan mengungkapkan, seluruh calon, baik Habsi-Irwan dan Sutinah-Ado perlu memperbaiki berkas pada B.1 KWK dan B.2KWK sesuai dengan format Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2020.

“Para bapaslon saat melampirkan dokumen B.1-KWK dan B.2-KWK masih berpedoman pada PKPU Nomor 1 Tahun 2020 sedangkan aturan terbaru harus berpedoman pada PKPU Nomor 9 Tahun 2020,” jelas Hamdan.

Atas hal tersebut, KPU Mamuju memberi batas waktu selama tiga hari untuk melakukan perbaikan dokumen yang tidak sesuai dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2020 tersebut.

“Kami beri waktu mulai tanggal 14 hingga 16 September 2020 untuk melakukan perbaikan, sehingga diharapkan untuk LO dan paslon untuk benar-benar melengkapi seluruh persyaratan,” ujar Hamdan.

Kendati demikian, kedua bakal pasangan calon memenuhi syarat untuk hasil tes medis/kesehatan.

“Tes kesehatan kedua bakal pasangan calon memenuhi syarat,” sebut Hamdan.

Terpisah, Ketua Koalisi Mamuju Keren bapaslon Siti Sutinah Suhardi dan Ado Mas’ud”, Muhammad Reza, pihaknya akan segera melakukan perbaikan sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh KPU.

“Ada beberapa dokumen yang tidak sesuai dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2020 tapi mungkin secara administrasi saja dan ada beberapa berkas yang tidak sempat kami centang. Hal itu akan segera kita perbaiki,” kata Reza.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Koalisi Kerakyatan bapaslon Habsi Wahid dan Irwan SP Pababari, Akbar Halid yang menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti segala kekurangan hasil verifikasi KPU Mamuju.

“Kami akan selesaikan sebelum hari terakhir perbaikan yang diberikan KPU Mamuju,” pungkas Akbar.

(Sugiarto/It)

Editor: Ilma Amelia

Facebook Comments

Leave a Comment

Close