News

Penanganan Hipertensi Terbaik, Puskesmas Sendana Jadi Narasumber Bersama dr.Terawan

 Webinar yang dilaksanakan Dinkes Majene serta Puskesmas Sendana I dan kader, Kamis (15/10).

Majene, mandarnews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majene bersama Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sendana I dan kader mengikuti webinar yang dilaksanakan Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia dr. Terawan Agus Putranto terkait Hari Hipertensi Sedunia.

Dalam webinar tersebut, Puskesmas Sendana I menjadi satu-satunya Puskesmas yang menjadi narasumber.

Menurut Kepala Puskesmas (Kapus) Sendana I Edy Warsan, dijadikannya Puskesmas Sendana I sebagai narasumber dalam peringatan Hari Hipertensi Sedunia tidak terlepas dari penghargaan yang diperoleh Puskesmas Sendana I.

“Puskesmas Sendana I tahun 2020 ini mendapatkan penghargaan menjadi Puskesmas terbaik dari pusat karena meningkatnya pelayanan di masa pandemi covid-19 sekaligus mendapat penghargaan menjadi Puskesmas penanganan hipertensi penyakit tidak menular (PTM) dan Prolanis (program pengelolaan penyakit kronis) terbaik seluruh Indonesia,” jelas Edy usai melaksanakan webinar bersama Menkes dr. Terawan di ruang Instalasi Farmasi Kabupaten (IFK) Dinkes Majene, Kamis (15/10).

Lebih jauh Edy menjelaskan, diperolehnya dua penghargaan secara nasional tidak lepas dari inovasi yang dilakukan Puskesmas Sendana I sebagai strategi dalam upaya pelayanan.

“Pertama, kami membentuk tim gerak cepat penanganan covid-19 dengan membuat call center yang beroperasi 24 jam. Kedua, kami juga membentuk 7 keselamatan dan menyediakan call center operasi 24 jam dan terakhir karena adanya panduan yang dilakukan Puskesmas Sendana I terhadap penanganan PTM dan itu diimplementasikan dengan Prolanis dan Mobile JKN,” tandas Edy.

Dengan begitu Edy berharap, pelayanan kedepannya bisa terus berjalan dengan baik, tidak terputus, kontinuitas, dilakukan pendampingan, dan pengobatan pada penyakit hipertensi.

Melalui webinar tersebut, Edy juga mendapat saran dari Menkes dr. Terawan agar kader berperan aktif di semua lintas sektor dan yang paling penting, petugas kesehatan harus terus berinovasi dalam memberikan pelayanan hipertensi pada kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Sementara perwakilan dari Kepala Dinas Kesehatan Kab. Majene sebagai bagian tinggi dari Puskesmas yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Majene Nasfah turut berharap agar tidak hanya Puskesmas Sendana I yang tetap dapat meningkatkan pelayanan  di tengah pandemi covid-19 tetapi Puskesmas lainnya.

“Saya juga harap PKM tetap bisa menanggulangi PTM karena PTM merupakan penyakit yang dapat membunuh secara diam-diam,” ujar Nasfah.

Untuk lingkup Majene, webinar tersebut diikuti Kepala Dinkes Majene dr. Rahmat, Kabid P2P Nasfah, Kapus Sendana I Edy Warsan, serta kader Puskesmas.

Reporter: Putra

Editor: Ilma Amelia

Facebook Comments

Leave a Comment

Close