News

Dandim 1401 Majene Apresiasi Babinsa Yang Bantu Pikul Jenazah

Pemukulan jenazah oleh Babinsa Ulumanda, Kopdar Suryanto bersama warga setempat di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene

Majene, mandarnews.com – Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1401 Majene Letkol Infantri Yudi Rombe, mengapresiasi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Ulumanda, Koramil 1401 – 04 Malunda Kopda Suryanto yang ikut membantu warganya memikul jenazah salah satu warga di wilayahnya.

Menurut Yudi Rombe, apa yang dilakukan oleh Babinsa Malunda, Kabupaten Majene merupakan wujud kedekatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan masyarakat.

“Hal ini perlu diapresiasi dan patut dicontoh oleh personel lainnya, agar TNI dan masyarakat tetap bisa saling bersinergi dalam hal apapun utamanya masalah sosial seperti itu,” ucap Yudi, Selasa (2/1).

Dandim 1401 Majene itu juga berharap, agar seluruh personel tetap menjaga kesehatan dalam menjalankan tugas, utamanya penerapan protokol kesehatan dan senantiasa membantu mensosialisasikan Pemerintah sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Seperti diketahui sebelumnya, beberapa waktu yang lalu Babinsa Koramil 1401 – 04 Malunda bersama masyarakat setempat membopong jenazah inisial JIS (65) yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, warga Dusun Lemo – lemo, Desa Ulumanda, Kecamatan Ulumanda, Majene.

JIS adalah korban kecelakan, yang sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majene, kemudian setelah pulang dari RSUD JIS kemudian dibawa ke rumah kerabatnya di Salutambung, Ulumanda dan meninggal.

Setelah itu, jenazah JIS ingin dimakamkan di kampung halamannya di Dusun Lemo – Lemo, Ulumanda tapi karena tak ada mobil ambulans yang hendak mengantar, Kopda Suryanto bersama warga setempat membopong jenazah JIS sejauh kurang lebih 30 Kilometer menggunakan sarung dan bambu.

Dengan ikut berbelasungkawa, Babinsa itu menyampaikan bahwa hal seperti itu selalu dilakukan kepada warga binaannya yang tertimpa musibah meninggal dunia.

Yang bertujuan ujarnya, untuk mempererat hubungan emosional antara TNI dan masyarakat, serta sebagai sarana untuk lebih dekat dengan masyarakat guna memperkokoh Kemanunggalan TNI dan Rakyat.
Reporter : Putra

Facebook Comments

Leave a Comment

Close