Polhukam

Bangun Kesepahaman Tungsura, KPU Bimtek Internal

2-3 Suasana Bimtek internal PKPU Tungsura

Suasana Bimtek internal PKPU Tungsura

MAMASA, mandarnews.com – Guna membangun pemahaman bersama, KPU Kabupaten Mamasa menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara (Tungsura), Sabtu (2/3).

Divisi Teknis KPU Mamasa, Marthen Buntupasau saat dikonfirmasi disela-sela Bimtek, menerangkan, Bimtek Tungsura dilakukan agar tidak ada perbedaan pendapat tentang PKPU No.3 Tahun 2019 dalam internal KPU sendiri.

“Ini dilakukan setelah mengikuti Bimtek KPU Provinsi Sulbar di Kabupaten Majene tanggal 25-28 Februari 2019 tentang PKPU Tungsura sehingga pihak komisioner dan sekretariat benar-benar mengerti dan memahami penerapan PKPU ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah Bimtek internal KPU Mamasa digelar maka minggu depan akan dilakukan Bimtek serupa ke tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan dan khusus KPPS ( Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) juga akan dilakukan Bimtek Tungsura setelah pembentukan personilnya
28 Maret 2019.

Sementara Ketua KPU Mamasa, Jony Rambulangi juga menjelaskan, Bimtek Tungsura sangat perlu di internal KPU Mamasa sehingga tidak ada perbedaan pemahaman sebelum PKPU tersebut disosialisasikan ke jajaran penyelenggara.

Lanjutnya, dalam persiapan menghadapi perhitungan suara pihak KPU Mamasa juga akan mengarahkan setiap operator KPU Mamasa untuk hadir di tiap PPK guna membantu proses perhitungan yang akan diolah melalui Aplikasi Situng ( Sistem Informasi Penghitungan Suara ).

Ia berharap, semua jajaran penyelenggara Pemilu benar-benar memahami aturan yang ada serta melakukannya agar tidak terjadi kekeliruan.(Hapri Nelpan)

Leave a Comment