News

Pemkab Pinrang Paparkan Aplikasi Terbaik dalam Kaji Banding Bupati Majene

Bupati Majene Lukman bersama rombongan yang diterima langsung oleh Pemkab Pinrang dalam kegiatan kaji banding, Jumat (18/6). 

Majene, mandarnews.com – Pemerintah Kabupaten Majene, dalam hal ini Bupati Majene Lukman bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Asri Albar, serta Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Hasdinar melakukan kaji banding ke Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Jumat (18/6).

Rombongan Bupati Lukman diterima langsung oleh Bupati Pinrang Irwan Hamid dan Wakil Bupati Pinrang Alimin beserta para pimpinan perangkat daerah lainnya di aula Bupati Pinrang.

Kunjungan dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan dan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi, baik di sekretariat maupun di setiap bidang pada Disdukcapil dan Bapenda Majene.

Selanjutnya, Bupati Majene beserta rombongan mengunjungi “Ruang Jendela Lasinrang”, yakni salah satu sistem yang berisi beberapa aplikasi pelayanan publik yang diharapkan mampu memudahkan tugas para aparatur guna melayani masyarakat Pinrang.

Selain berisi beberapa aplikasi internal, Pemkab Pinrang juga melempar beberapa aplikasi yang bisa memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan.

Aplikasi ini diantaranya SILEMPUE yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan di bidang perizinan, LAKSA yaitu aplikasi yang bisa digunakan untuk memberikan aspirasi, keluhan, dan saran untuk Pemkab Pinrang, dan juga aplikasi SEGAR yang berisi daftar harga kebutuhan pokok yang diupdate secara berkala oleh dinas terkait.

Aplikasi ini terangkum dalam sebuah sistem yang diberi nama “Pinrang 360” yang dapat diunduh oleh pengguna anAndro melalui aplikasi Playstore.

Bupati Lukman cukup takjub dengan program “Jendela Lasinrang” tersebut, hanya dengan menatap monitor maka Bupati sudah dapat memantau apa saja yang sudah dilakukan oleh para pimpinan OPD, juga dapat memantau kondisi di kecamatan, kelurahan, dan desa.

Bupati Lukman menyampaikan bahwa di program “Majene MP3” juga tertuang tentang aplikasi seperti yang ada di Pinrang, namun karena pada saat itu Majene dihadapkan pada program lain yang cukup mendesak sehingga hal tersebut tidak sempat diadakan.

“Saya akan merekomendasikan kepada pemerintahan yang baru untuk dapat membuat program yang serupa kelak,” ujar Lukman.

Pada kesempatan yang sama, Lukman juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Pinrang yang telah turun langsung pada saat gempa bumi terjadi di Majene.

“Warga Majene sangat terbantu dengan kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Pinrang, Tagana Pinrang, Karangtaruna Pinrang, serta masyarakat Pinrang lainnya yang telah tulus ikhlas membantu para korban gempa bumi Majene,” kata Lukman.

Sementara Bupati Pinrang Irwan Hamid mengucapkan selamat datang dan berharap kedua kabupaten dapat saling bertukar pikiran terkait pelaksanaan pemerintahan di semua lini.

Irwan melanjutkan, dewasa ini Pinrang tengah menggalakkan inovasi dalam pelayanan publik. Dengan mengaplikasikan inovasi, diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan dapat dievaluasi.

“Kami berharap kunjungan ini dapat bernilai dan bermanfaat bagi kedua kabupaten,” ungkap Irwan.

Seusai penerimaan secara resmi oleh Bupati dan Wakil Bupati Pinrang, selanjutnya Kadis Dukcapil beserta pejabat dan staf menuju Kantor Dinas Dukcapil Pinrang, demikian pula Ka Bapenda Majene beserta pejabat dan staf menuju kantor Bapenda Pinrang untuk menggali informasi lebih dalam.
(Mutawakkir Saputra)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment