Kesehatan News

Hasil Swab Antigen, Gubernur Sulbar Negatif

Gubernur Sulbar ABM (baju kaos hitam duduk) swab antigen di rumah dinasnya, Jumat (16/7).

Mamuju, mandarnews.com – Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar (ABM) dan sejumlah staf menjalani pemeriksaan swab antigen di rumah dinasnya pada Jumat (16/7).

Pemeriksaan itu dilakukan usai dirinya menghadiri sejumlah kegiatan bersama Bupati Mamuju Sutinah Suhardi dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Sulbar) Suraidah Suhardi yang dinyatakan positif Covid-19 sehari sebelumnya.

Pada Rabu 14 Juli lalu, ABM kompak hadir bersama Sutinah dan Suraidah dalam sejumlah kegiatan.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar drg. Asran Masdy mengatakan, pihaknya melakukan tracking dalam rangka upaya pencegahan terjadinya paparan Covid-19 usai sejumlah kegiatan yang dihadiri Gubernur dan para staf.

“Tadi pagi kami melakukan prosesi tes swab antigen kepada Bapak Gubernur dan para stafnya. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar dan tidak ditemukan satu pun yang positif. Semua prosesi tersebut mengeluarkan hasil negatif dan tak ada satupun dari para staf yang terpapar Covid-19,” terang drg. Asran.

Untuk lebih memastikan Gubernur Sulbar aman dari paparan Covid -19, drg. Asran menyampaikan, pihaknya berencana kembali melakukan tes swab PCR kepada Gubernur Sulbar pada 19 Juli mendatang, tepatnya Senin pagi.

“Saya berencana kembali melakukan tes swab PCR lagi kepada Bapak Gubernur untuk lebih memastikan aman dari Covid-19, juga sebagai data yang valid secara teliti. Namun, kita melihat dulu perkembangan beberapa hari setelah dilakukan survei tadi. Untuk data swab antigen tadi pagi, hasilnya Bapak Gubernur negatif dan itu saya periksa sendiri,” ujar drg. Asran.

Usai melakukan swab antigen, ABM meminta seluruh elemen masyarakat agar terus disiplin pada protokol kesehatan (prokes) dan patuh pada imbauan serta edaran pemerintah dalam rangka penanggulangan Covid-19.

Hal itu dimaksudkan agar program pencegahan Covid-19 dapat terlaksana dengan maksimal dan dapat mengakhiri pandemi di Sulbar.

“Hari ini saya menjalani pemeriksaan antigen, alhamdulillah negatif. Staf yang setiap hari bekerja untuk kelancaran tugas saya sehari-hari, termasuk ADC dan sopir juga sudah pemeriksaan. Alhamdulillah, semua negatif. Namun, saya mengingatkan untuk disiplin pada protokol kesehatan, termasuk para staf dan tamu yang berkunjung ke Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar, ” sebut ABM.

Usai dinyatakan negatif tes antigen, ABM meminta masyarakat terus menjaga prokes dan melakukan ikhtiar untuk mencegah penularan Covid-19. (Sugiarto)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment