Pendidikan

Peran Perpustakaan SD 002 Ballapeu dalam Proses Belajar Mengajar

Kepala SD Negeri 002 Ballapeu Desa Balla Tumuka, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa, Demianus didampingi pihak sekolah lainnya, Sabtu (24/4).

Mamasa, mandarnews.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan anak di Sekolah Dasar (SD) Negeri 002 Ballapeu yang terletak di Desa Balla Tumuka, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa, pihak sekolah menyediakan sarana perpustakaan.

Menurut Kepala Sekolah SD Negeri 002 Ballapeu Demianus, hal ini adalah salah satu wujud dari mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang perpustakaan sebagai wahana belajar.

“Dengan adanya perpustakaan ini dapat menumbuhkan minat baca anak atau gemar baca anak serta menambah wawasan pengetahuan anak,” tutur Demianus kepada media saat ditemui di sekolahnya, Sabtu (24/4).

Namun, lanjutnya, di masa pandemi Covid-19 saat ini ada pembatasan untuk pembelajaran tatap muka maka pihaknya membuat jadwal khusus untuk per kunjungan anak ke perpustakaan dengan metode pembatasan jumlah siswa per hari dan penerapan protokol kesehatan tetap terjaga dengan penerapan 3M, yaitu menjaga jarak, memakai masker, serta mencuci tangan.

“Kami pihak sekolah sangat berterimakasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Mamasa yang telah memberikan sarana perpustakaan karena adanya buku perpustakaan maka akan ada bahan referensi penunjang dalam proses belajar mengajar di sekolah,” kata Demianus.

Ia menambahkan, sesuai perencanaan, SD 002 Ballapeu kedepan termasuk dalam kategori program Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan.

“Syarat untuk program TIK yaitu sekolah harus mempunyai jaringan akses internet, adanya jaringan listrik dengan kekuatan 1300 watt (ampere meter), serta tersedianya laptop atau komputer sekolah dan itu sudah tersedia di sekolah kami,” sebut Demianus.

Ia berharap, semoga dengan adanya berbagai fasilitas yang disediakan oleh pemerintah pusat maupun daerah di sekolah ini kedepan akan melahirkan anak sekolah yang lebih pintar dan berprestasi.

Reporter: Yoris

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment