Sosial Ekobis

Kodim 1401 Majene Lepas Ratusan Personel Tim Gabungan Bagikan Sembako

Pelepasan ratusan personel dari tim gabungan dalam giat ASR membagikan sembako, Sabtu (27/3) di Mako Kodim 1401 Majene. 

Majene, mandarnews.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1401 yang dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) 1401 Majene Letnan Kolonel Infanteri (Letkol Inf) Yudi Rombe yang didampingi Bupati Majene Lukman serta Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Majene Komisaris Polisi (Kompol) Jupri melepas secara resmi tim gabungan dalam kegiatan pembagian sembako dengan tagline “Aku Sahabat Rakyat (ASR)”.

Ratusan personel tim gabungan yang terdiri dari Tentara Nasional Indonesia (Babinsa), Polres Majene (Bhabinkamtibmas), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Majene dilepas di Markas Komando Kodim 1401 Majene, Sabtu (27/3).

Tim gabungan sebelum melakukan pembagian sembako kepada sasaran yang sudah ditentukan diawali dengan konvoi bersama dengan ratusan kendaraan motor yang masing-masing membawa paket sembako di wilayah Kota Majene.

Dandim 1401 Majene Letkol Inf Yudi Rombe mengatakan, ASR atau Aku Sahabat Rakyat sendiri adalah program TNI Angkatan Darat yang serentak dilakukan di seluruh Indonesia hari ini.

Letkol Inf Yudi menyampaikan, kegiatan ASR merupakan organisasi kemanusiaan atau komunitas yang dibentuk di masa pandemi Covid-19 yang bertujuan untuk mendekatkan TNI dengan rakyat.

“Ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendekatkan TNI dengan masyarakat, memberikan kepedulian, rasa simpati, serta empati kepada masyarakat yang ada di sekitar kita yang bisa dibilang tahap perekonomiannya masih minim,” jelas Letkol Inf Yudi.

Lebih jauh ia menjelaskan, dalam filosofi jabat tangan yang terdapat dalam logo ASR merupakan simbol persahabatan yang sangat erat dan sinergitas antara prajurit Kodim 1401 Majene dengan rakyat yang tidak akan pernah lepas.

“Sebanyak 250 paket sembako yang akan dibagikan dalam kegiatan ASR ini dengan sasaran yang sudah ditentukan dengan memprioritaskan masyarakat kurang mampu,” ujar Letkol Inf Yudi.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menjalin sinergitas, kedekatan, serta kepedulian antara TNI dan masyarakat, juga dapat membantu dan bermanfaat terhadap masyarakat kurang mampu mengingat saat ini masih suasana pandemi Covid-19.

Sementara itu, Bupati Majene Lukman di lokasi pelepasan personel menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilakukan Kodim 1401 Majene.

“Kegiatan Kodim 1401 Majene sangat positif yang bertujuan membangun kemanunggalan antara TNI dan rakyat serta meringankan beban masyarakat,” kata Lukman

Ia pun berharap, apa yang telah terjalin selama ini seperti kedekatan masyarakat dan TNI terus dipertahankan.

“Karena ketika TNI dan masyarakat sudah bisa menyatu maka insya Allah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan tetap aman,” sebut Lukman.

Ia menuturkan siap mendukung penuh giat-giat TNI, dalam hal ini Kodim 1401 Majene di lingkup Kab Majene.

“Sebenarnya ini adalah sugesti buat saya oleh TNI bahwa kita harus senantiasa bersatu, memerhatikan rakyat yang mungkin saja tengah mengalami kesulitan karena pandemi Covid-19 yang berkepanjangan,” ucap Lukman.

Meski pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, tapi para tim gabungan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (Mutawakkir Saputra)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment