Polhukam

Bupati Mamasa Tegaskan Kades Harus Bisa Jadi Leader di Desanya

Bupati Mamasa Ramlan Badawi didampingi Forkopimda dalam memberikan materi, Jumat (11/6/2021) di ruang pertemuan Hotel Matana 2.

Mamasa, mandarnews.com- Bupati Mamasa Ramlan Badawi menyarankan kepada seluruh kepala desa (kades) di Kabupaten Mamasa agar memosisikan dirinya sebagai leader di desa yang dipimpinnya.

“Kepala desa harus jadi leader dalam desanya, maksudnya di sini ialah cara berpikir harus diposisikan sebagai pemimpin yang baik, harus bisa diandalkan dalam desanya sebagai pemegang kendali atau penentu kebijakan dalam pemerintahan desa,” jelas Ramlan.

Hal tersebut dilontarkan Bupati Mamasa pada saat membuka acara bimbingan teknik (bimtek) sekaligus sebagai pemateri yang diselenggarakan di ruang pertemuan Hotel Matana 2 dalam rangka mengoptimalkan pengawalan dana desa agar terkelola dengan baik.

Menurut Ramlan, dalam acara yang akan dilaksanakan selama 3 hari ini terhitung sejak tanggal 11 sampai dengan 13 juni 2021, pihaknya sebagai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamasa mengimbau kepada 168 kades agar tidak ada yang alpa atau ketinggalan dalam acara karena materi yang diberikan dapat menambah wawasan.

“Diharapkan kepada seluruh kepala desa lebih membuka wawasan bagaimana cara agar ada peningkatan kinerja serta membuat inovasi untuk kesejahteraan masyarakatnya,” tegas Ramlan.

Seharusnya, kata Ramlan, tidak menjadi kades yang sejak dilantik hingga akhir jabatan tidak ada gerakan perubahan di dalamnya untuk hal kemajuan desa yang dipimpinnya.

Ramlan menambahkan, untuk hal transparansi, profesionalisme, dan kekerjasamaan dalam bekerja maka kades harus aktif berbuat dan giat konsultasi atau konfirmasi, baik ke tingkat kecamatan maupun kabupaten agar selalu tercipta kekerjasamaan yang baik di antara pemerintahan.
(Yoris)

Editor: Putra, Ilma Amelia

Leave a Comment