News

Jelang Musda, Demokrat Sulbar Tegaskan Tolak Kader Demokrat KLB Moeldoko

Sukri, Ketua Steering Committee (SC) Musda ke-IV DPD Demokrat Sulbar. (Foto: Ist)

Mamuju, mandarnews.com – Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) rencananya akan digelar 21 Juni 2021 mendatang.

Ketua Steering Committee (SC) Musda ke-IV DPD Demokrat Sulbar Sukri menuturkan, pendaftaran calon Ketua DPD dibuka dari tanggal 14 sampai 18 Juni 2021.

“Kita membuka kesempatan kepada seluruh kader terbaik untuk maju dalam kontestasi ini,” kata Sukri, Minggu (13/6).

Meski begitu, Sukri menegaskan, mantan kader yang kemarin ikut mendukung Demokrat versi KLB Muldoko, tidak punya hak untuk mendaftar.

“Tidak boleh karen tentu KTAnya sudah tidak ada,” jelas Sukri.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulbar itu juga mengungkapkan, bahwa pengumuman akan dibukanya pendaftaran calon ketua DPD partai berlambang bintang mercy itu berdasarkan surat bernomor 017/SC.MUSDA.IV/DPD/Sulbar/VII/2021.

“Ketentuan serta prasyaratnya itu yakni beragama dan menjalankan ibadah agamanya. Memiliki komitmen memajukan Partai Demokrat. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter,” ujar Sukri.

Syarat selanjutnya, lanjutnya, yakni tidak sedang menjalani proses hukum tetap dan pelanggaran pidana dari instansi yang berwenang serta tidak melanggar konstitusi dan kode etik Partai Demokrat. Pendidikan minimal Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang statusnya sama atau disamakan oleh dinas pendidikan.

“Kader Partai Demokrat dengan menunjukkan kartu tanda anggota. Bakal calon Ketua DPD Partai Demokrat Sulbar harus terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi, sekurang-kurangnya dua puluh persen pemegang suara sah,” tutup Sukri. (Sugiarto)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment