Sosial Ekobis

Pengembangan Ekonomi Desa Wisata Diikuti Puluhan Peserta Latpim II LAN Makassar

Para peserta berkunjung dan membeli produk aneka kuliner oleh-oleh khas Polman di setiap stand Bazar UMKM Ramadan di taman Pantai Bahari Polman. 

Polman, mandarnews.com – 30 orang peserta Diklat Kepemimpinan (Latpim) II LAN Makassar dalam rangka visitasi kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Puslatbang KMP LAN Makassar, Sulawesi Selatan, secara resmi disambut H. M Natsir Rahmat selaku Wakil Bupati Polewali Mandar (Polman)dan perangkat kerja terkait untuk melaksanakan rangkaian kegiatan pengembangan potensi perekonomian daerah.

Dua desa yang menjadi sasaran pada kegiatan ini yakni Desa Bulo, Kecamatan Bulo dan Desa Battetangnga, Kecamatan Binuang.

Kedatangan rombongan ini diawali jamuan berbuka puasa bersama dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang terlaksana dalam suasana santai, Senin (26/4) malam di area taman Pantai Bahari Polman.

Puslatbang KMP sebagai satuan kerja LAN membidangi masalah pengembangan kompetensi ASN Indonesia yang lebih produktif dan mampu menghadapi perubahan.

Hal ini diwujudkan dengan dilaksanakannya Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II angkatan ke-VII. Adapun komposisi 30 orang peserta terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon II dan III dari 15 perangkat kerja antara lain Badan Pengawas Pemilu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru, Bone, Buton Selatan, Donggala, Enrekang, Luwu, Morowali, Nunukan, Pasangkayu, Polewali Mandar, dan Takalar.

Kelompok Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) Polman ini melaksanakan rangkaian kunjungan di Desa Battetangnga.

Kemudian 15 orang dari Kejaksaan Agung RI, Badan Pengawas Pemilu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara, Pemkab Barru, Bone, Bulukumba, Donggala, Enrekang, Morowali, Nunukan, Pasangkayu, Polman, dan Sorong Selatan di Desa Bulo dan kegiatan akan berlangsung mulai tanggal 26 sampai dengan 29 April 2021.

Zulkhaidar selaku Sub Kordinator Pelaksanaan Pelatihan dan Pengembangan di Puslatbang KMP mengatakan, tema kegiatan kali ini adalah “Pengembangan Desa Wisata”.

“Dalam agenda ini peserta akan berkunjung ke daerah dengan beberapa syarat untuk menjadi bahan pembelajaran dan memberikan masukan dalam pengembangan daerah tersebut,” ujar Zulkhaidar.

Pada pelaksanaan visitasi untuk pembelajaran diklat nasional tingkat II, peserta dituntut untuk merumuskan produk pembelajaran dan stretegi pengembangan potensi dan strategi pemecahan masalah di lokus.

“Kunjungan peserta PKN tingkat II di Polman ini adalah salah satu bagian dari agenda pembelajaran PKN tingkat II, dalam hal ini VKN. Tema kali ini adalah ‘Pengembangan Desa Wisata’, bagaimana kawasan wisata untuk mendorong perekonomian masyarakat,” ungkap Zulkhaidar.

Sementara itu, Kaidir selaku Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Enrekang sekaligus sebagai peserta menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini, pengembangan Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis digital ekonomi tentu sangat diharapkan.

“Apa yang disajikan pada hari ini sungguh sangat berkesan, terutama dari UMKM yang mengangkat judul ‘UMKM Digitalisasi Ekonomi’. Tentu kita ketahui Covid- 19 memporakporandakan sendi ekonomi, maka hadirnya UMKM berbasis digital ekonomi tentu sangat kita harapkan terutama dari sektor indutri dan perdagangan. Jayalah selalu UMKM digital ekonomi mengangkat semua sendi-sendi perekonomian ekonomi nasional,” tandas Kaidir.

Peserta pun berkenan melakukan kunjungan langsung dan membeli produk aneka kuliner oleh-oleh khas daerah ini di setiap stand Bazar UMKM Ramadan, seperti produk olahan lokal Stik Ikan Penja dan Kue Bagea Mandar UMKM Ruka Snack Homemade. (Aty Achmad)

Editor: Putra, Ilma Amelia

Leave a Comment