Sosial Ekobis

Peran Pasar Desa Balla Barat di Masa Pandemi Covid-19

Kades Balla Barat, Kabupaten Mamasa, Andarias.

Mamasa, mandarnews.com – Salah satu wujud kepedulian Pemerintah Desa Balla Barat, Kabupaten Mamasa di masa pandemi Covid-19 adalah dengan membangun pasar desa yang berlokasi di depan Kantor Desa Balla Barat.

Kepala Desa (Kades) Balla Barat Andarias menerangkan, sebagai pemerintah desa, pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat desa demi ketahanan ekonomi masyarakat, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Pasar ini dibuka seminggu sekali, dilaksanakan setiap hari Minggu dan meskipun pasarnya kecil tapi lumayan bisa membantu masyarakat dalam hal belanja demi kebutuhan ekonomi,” ujar Andarias saat ditemui di kantornya, Kamis (22/4).

Menurutnya, hal ini adalah salah satu cara dalam mencegah penyebaran Covid-19 kepada masyarakat desa agar tidak berkumpul berlebihan atau banyak bertemu dengan orang di luar desa.

“Dengan adanya pasar desa juga memberi manfaat terhadap pengurangan biaya perjalanan seperti sewa ojek atau ongkos ke pasar yang jauh serta pembatasan pergerakan bepergian jauh dari tempat asal atau rumah,” jelas Andarias.

Ia menyampaikan, majunya pasar desa karena giatnya peran serta masyarakat dalam desa sendiri dan pemerintah hanya sebatas membangun untuk itu. Untuk pemeliharaan dan ketahanan serta kemajuan pasar terletak pada masyarakat.

“Demi mempertahankan perputaran ekonomi yang ada dalam desa sehingga pasar desa kita wujudkan dan kami pemerintah desa berharap masyarakat mau mempertahankan pasar desa ini,” tutup Andarias.

Reporter: Yoris

Editor: Putra, Ilma Amelia

Leave a Comment