Pendidikan

Ini Nilai Passing Grade Wajib Dipenuhi Peserta CPNS 2021

Passing grade tes SKD CPNS 2021. (Sumber: PAN RB).

Majene, mandarnews.com – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021 kini memasuki tahapan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) setelah sebelumnya telah melaksanakan tahapan administrasi.

Peserta yang telah diumumkan lulus tahapan administrasi wajib mengikuti tahapan SKD. Jangka waktu pelaksanaan tahapan SKD sendiri telah ditentukan, yakni 25 Agustus sampai dengan 4 Oktober 22021. Tetapi untuk penentuan jadwal pelaksanaan SKD tiap daerah belum diumumkan.

Meski demikian, peserta CPNS Tahun 2021 ada baiknya telah mengetahui berapa jumlah nilai passing grade atau ambang batas yang perlu dipenuhi peserta CPNS saat tes SKD nanti.

Menurut Abdul Waris selaku Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan Informasi dan Kesejahteraan (PIK) Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Majene, tes SKD yang akan dilaksanakan tidak jauh beda dengan pelaksanaan SKD tahun-tahun sebelumnya, yakni terdiri dari tiga materi.

“Yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP),” jelas Abdul Waris atau yang akrab disapa Waris saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (20/8).

Waris menyebutkan, total seluruh soal pelaksanaan SKD nantinya sebanyak 110 butir soal dengan waktu 100 menit.

Ia merinci, 30 soal dengan materi TWK, 35 soal untuk materi TIU, dan 45 soal dengan materi TKP.

“Untuk materi TWK dan TIU itu nilai yang diperoleh tiap benar menjawab soal sebanyak 5. Sementara untuk TKP nilai yang diperoleh bervariasi yakni 1 sampai 5 dan materi ini tidak ada jawaban yang salah melainkan paling benar,” ujar Waris.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa nilai ambang batas untuk materi TWK sebanyak 65, sehingga peserta minimal benar sebanyak 13 soal agar bisa mencapai ambang batas.

Sementara nilai ambang batas untuk materi TIU sebanyak 80 dan peserta minimal benar sebanyak 16 soal. Terakhir, nilai ambang batas TKP sebanyak 166 dan nilai dari materi tiap menjawab soal bervariasi.

“Jadi, jika ditotal untuk tiga materi, ambanga batasnya sebanyak 311. Tetapi harus lebih utama memenuhi ambang batas tiap materi,” ungkap Waris.

Ia menyampaikan, peserta yang telah memenuhi passing grade dalam pelaksanaan SKD akan masuk pada tahapan perangkingan dan satu formasi dikali tiga sehingga jika satu formasi, maka yang bisa mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah ranking 1 sampai dengan 3.

Diketahui pelaksanaan tes SKD CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sama. (Mutawakkir Saputra)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment