News

Pencurian Tabung Gas Gunakan Mobil Mewah Terekam CCTV di Majene

Mobil kawanan diduga pelaku pencurian tabung gas 3 kilogram di Majene tertangkap CCTV. 

Majene, mandarnews.com – Aksi yang diduga pencurian tabung gas 3 kilogram (kg) yang terjadi di salah satu kios di Desa Bababulo Utara, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene terekam jelas kamera CCTV.

Pencurian ini terjadi, Selasa (12/10) sekitar pukul 07:00 Wita di salah satu bengkel AC milik keluarga Basruddin.

Menurut penjelasan Basruddin selaku anak pemilik kios, saat itu kawanan yang diduga pencuri datang menggunakan mobil merah merek Toyota Calya dengan nomor polisi DD 1853 QJ menawarkan beras 5 kg dan sejumlah barang lain kepada ibunya.

Namun, ibu Basruddin menolak karena menganggap tidak memerlukan beras 5 kg, apalagi beras yang dijual oleh tiga pelaku ini dinilai terlalu mahal.

“Sempat seolah memaksa agar mengambil jualan para pelaku. Bahkan, dua pelaku lain dalam mobil teriak-teriak mengatakan agar ibu saya mengambil saja beras mereka yang tawarkan karena sisa dua sebab lainnya sudah laku,” ujar Basruddin saat dikonfirmasi, Kamis (14/10).

Setelah gagal membujuk ibunya, kata Basruddin, pelaku yang sempat menawarkan beras kemudian masuk kembali ke mobil dan menuju ke tempat duduk kemudi lalu memajukan kendaraannya beberapa meter dan melihat kondisi kios kedua milik korban yang berada di samping kios utama.

“Di samping kios jualan, ada kios BRI Link dan di sampingnya ada kios untuk servis AC milik saudara. Awalnya, saat mobil pelaku tepat berada di kios servis AC itu mulai ada tindakan dari pelaku untuk mengambil tabung gas yang masih terpasangi alat las,  namun pelaku ini sadar akan keberadaan CCTV. Akhirnya, pelaku masuk kembali dalam mobil dan kendaraan kembali dimajukan beberapa meter,” sebut Basruddin.

Selang beberapa detik, pelaku lainnya dengan pakaian serba hitam serta mengenakan topi dan masker terlihat turun dari kendaraan dan langsung menuju tempat tabung gas berada.

Pelaku kemudian melepas alat las yang tersambung dengan gas dan mengambil tabung gas tersebut lalu kembali ke dalam mobil seperti orang biasa.

Setelah berhasil mengambil tabung gas, mobil yang dikendarai pelaku langsung kabur.

Basruddin bersyukur karena pada waktu itu tabung gas yang biasanya dijual belum dipajang sehingga pelaku pencurian hanya mengambil tabung gas yang berada di kios servis AC milik saudaranya.

Basruddin pun mengaku bahwa ia telah melaporkan hal ini ke pihak yang berwajib dan berharap pelaku dapat segera diamankan.

Kejadian ini baru disadari oleh keluarga korban saat Basruddin tiba di rumahnya pada Rabu (13/10) sepulang dari Makassar.

Saat itu, Burhanuddin ditanya oleh ibunya terkait keberadaan gas yang ada dalam kios servis AC, namun ia mengaku tidak melihat, begitupun dengan saudara-saudaranya yang juga tidak melihat tabung gas yang dimaksud.

Karena merasa bingung, akhirnya Burhanuddin berinisiatif mengecek CCTV dan barulah disadari bahwa keluarganya kecurian. (Mutawakkir Saputra)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment