Pendidikan

Bupati Majene Dianugerahi Pioneer of Apparatus Human Resource Development

Bupati Majene Lukman menerima penghargaan dari Ketua STIE Nobel Makassar Dr. H. Mashur Razak, Kamis (8/4).

Makassar, mandarnews.com – Bupati Majene Lukman dianugerahi Pioneer of Apparatus Human Resource Development atau Pelopor Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur dari Sekolah Tinggi Islam Ekonomi (STIE) Nobel Makassar dalam kegiatan Wisuda Sarjana XVI dan Pascasarjana VIII STIE Nobel Makassar yang berjumlah 461 orang, Kamis (8/4).

Lukman dianugerahi atas dedikasi yang tinggi terhadap pengembangan dumber daya aparatur di Kabupaten Majene sebab sudah ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Majene diberikan kesempatan untuk melanjutkan jenjang pendidikan pada program pascasarjana di STIE Nobel Makassar, baik itu sebagai staf maupun yang sudah mempunyai jabatan.

Lukman selain diakui sebagai Bupati yang peduli kepada pengembangan SDM aparatur, juga diganjar penghargaan atas keberhasilannya menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Majene.

Seusai menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Ketua STIE Nobel Makassar Dr. H. Mashur Razak, Lukman diberikan kesempatan untuk memberikan sambutannya.

Ia pun menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima hari ini dari STIE Nobel Makassar sama sekali tidak diduga. Pasalnya, apa yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene dalam pengembangan SDM aparatur merupakan hal yang sudah sepantasnya dilakukan oleh Bupati.

Secara pribadi, Lukman merasa bangga dan menyampaikan terima kasih atas raihan yang didapatkannya. Ia juga tidak pernah membayangkan mendapatkan penghargaan dari perguruan tinggi yang cukup populer tidak hanya di Makassar namun sampai ke semua wilayah Indonesia Timur.

“Semua harus memperhatikan yang namanya pendidikan, meskipun pendidikan itu mahal tetapi lebih mahal lagi jika kita tidak mempunyai pendidikan,” pesan Lukman yang disambut tepuk tangan oleh ratusan hadirin.

Lukman dalam kesempatannya memaparkan bahwa dalam visi misi Majene Profesional, Proaktif, dan Produktif (MP3) menempatkan pengembangan SDM pada urutan pertama.

“Pengembangan SDM masyarakat dan ASN ini menjadi salah satu program unggulan Pemerintahan MP3, bertujuan membawa Majene sejajar dengan daerah lainnya karena kami sadar Majene penuh dengan keterbatasan dalam luas wilayah dan Sumber Daya Alam tapi alhamdulillah program tersebut mendapat apresiasi dan respons positif dari berbagai lembaga, termasuk STIE Nobel Makassar,” tandas Lukman.

Penghargaan ini, lanjutnya, juga akan menjadi sugesti dan penyemangat bagi seluruh ASN di Majene bahwa pendidikan itu adalah hal yang utama setelah persoalan ibadah itu sendiri, antara Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan Iman dan Taqwa (IMTAQ) harus selalu beriringan, sejajar, dan berimbang.

Selain Bupati Majene, Bupati Selayar juga meraih penghargaan yang sama. Kegiatan ini dihadiri juga Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Bupati Selayar, Asisten I Sekretariat Daerah Majene, Kepala BKPSDM Majene, dan undangan lainnya.
(Mutawakkir Saputra)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment