News

Pasca Banjir Kalukku, DPC Gerindra Mamuju Salurkan Ratusan Air Galon Siap Minum dan Paket Sembako 

DPC Partai Gerindra menyerahkan ratusan air galon siap minum ke warga terdampak banjir di Desa Sondoang, Selasa (7/9). (Foto: Ist).

Mamuju, mandarnews.com – Banjir yang merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Kalukku pada Jumat, 3 September 2021 lalu membuat warga di Desa Sondoang dan Desa Beru-beru kesulitan air bersih untuk dikonsumsi.

Untuk membantu warga terdampak banjir itu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Mamuju menyalurkan ratusan air galon siap minum pada Selasa (7/9).

Selain air galon siap minum, Ketua DPC Gerindra Kabupaten Mamuju Muhammad Reza bersama dua anggota Partai Gerindra lainnya yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamuju, yaitu Sugianto dari daerah pemilihan (dapil) II dan Muhammad Fadli dari dapil IV juga menyalurkan ratusan paket sembako berisi beras, mi instan, dan minyak goreng.

Sebagai koordinator penyaluran bantuan di dapilnya, Muhammad Fadli mengatakan, selain paket sembako, galon yang berisi air bersih tersebut sengaja dipilih untuk membantu warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih pasca banjir yang merendam sumur-sumur masyarakat.

“Banyak sumur-sumur masyarakat yang tercemar usai banjir, jadi kita bagikan galon sekaligus air bersih untuk dikonsumsi,” ujar Muhammad Fadli.

DPC Gerindra Mamuju menmerahkan bantuan air galon siap minum dan paket sembako ke warga terdampak banjir di Desa Beru-beru.

Sementara Ketua DPC Gerindra Kabupaten Mamuju Muhammad Reza menyebut jika penyaluran air galon juga sebagai bentuk dukungan partai Gerindra terhadap kelestarian lingkungan. Hal itu karena galon sebagai wadah diisi ulang dan tidak meninggalkan sampah plastik yang juga dianggapnya sebagai salah satu penyebab banjir.

“Kita ingin juga mengurangi sumbangan sampah di lokasi terdampak banjir karena galon kan bisa digunakan berulang kali ketimbang air kemasan di dalam dus,” tutur Muhammad Reza usai menyalurkan bantuannya, Selasa (7/9).

Di tempat berbeda, Sekretaris DPC Gerindra Kabupaten Mamuju Zulfakri menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar), dan para relawan kemanusiaan yang melakukan gerak cepat dalam bencana banjir di Kalukku.

Selain itu, Zulfakri mengaku kagum dan bangga dengan budaya masyarakat Mamuju yang mempunyai tanggap dan respons cepat terhadap penggalangan bantuan peduli bencana.

“Hari ini kami menyalurkan air bersih yang siap konsumsi karena berdasarkan laporan dari beberapa kader yang telah lebih dulu turun ke lapangan bahwa air bersih, terutama yang siap minum itu masih dibutuhkan. Kami berharap semoga bantuan yang sederhana ini bisa bermanfaat bagi para korban bencana,” tandas Zulfakri.

Menerima sumbangan galon dari Partai Gerindra, Toriq (30), salah seorang warga terdampak banjir di Sondoang mengaku sangat terbantu. Pasalnya, saat ini warga masih kesulitan air bersih. Selain itu, sumber air juga masih tercemar pasca banjir.

“Bantuannya memang beda dari lainnya yang  akan sangat membantu kami di sini, selain itu bisa digunakan lama,” tutup Toriq.

Reporter: Sugiarto

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment