Pendidikan

Program PKA, Game Emas Anak Desa Dapat Jadi Motivasi Bagi Pemuda

Pelaksanaan sosialisasi Game Anak Desa, di Desa Osango, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Rabu (30/6/2021). 

Mamasa, mandarnews.com – Salah satu peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dari LAN RI, Arianto Botta memaparkan program kegiatannya dengan Tema Game Emas Anak Desa (Giat Pemuda Memanfaatkan Keong Emas Menjadi Pakan Ternak) kepada Pemuda yang ada di Desa Osango, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa.

Menurut Arianto, ia ingin mengajak pemuda untuk lebih giat dalam berusaha atau berwirausaha agar bisa mencari lapangan kerja sendiri, sehingga tidak selalu bergantung pada orang tua.

Selain mengajak pemuda berinovasi dalam bekerja, ia juga mengajak pemuda bisa menjadi pelopor ekonomi kreatif yang akhirnya pintar mengelola suatu barang agar ada nilai jualnya,

“Salah satu jenis usaha yang tepat dilakukan pemuda adalah dengan memanfaatkan keong emas yang ada di sawa sekitar untuk diolah menjadi pakan ternak dan apabila keong itu sudah jadi pakan ternak maka otomatis akan mempunyai nilai jual,” tutur Arianto saat berada di Desa Osango, Rabu (30/6).

Menurutnya, seperti diketahui keong Mas salah satu hama bagi tanaman padi di sawa tapi dapat menjadi sumber nutrisi bagi ternak apabila diolah dan bisa menjadi menghasilkan rupiah bila dimanfaatkan dan diolah menjadi pakan ternak utamanya untuk ternak ayam.

“Apabila pemuda yang termotivasi dan tekun untuk melakukannya, maka bisa dipastikan akan berhasil dalam usaha tersebut sebab 65% masyarakat Kab. Mamasa beternak ayam baik ayam kampung, ayam petelur maupun jenis ayam lainnya,” jelas Arianto.

Ia pun mengangkat tema Game Emas agar pemuda termotivasi dan teringat, tidak hanya selalu bermain game tanpa mau melakukan pekerjaan atau bermalas-malasan di rumah.
(Yoris)

Leave a Comment