Kesehatan

Satpol PP Harap Masyarakat Tetap Prokes Serta Membawa Kartu Vaksin, Ini Tujuannya

Kasat Pol PP Majene, Zaenal Arifin. 

Majene, mandarnews.com – Dalam minggu ini, patroli dalam kota yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terus dilakukan.

Patroli dilakukan untuk menertibkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan memaksimalkan program vaksinasi yang saat ini terus digenjot.

Menurut Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Majene Zaenal Arifin, hal itu sesuai dengan surat edaran bersama antar Bupati dan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) yang salah satu fungsi Satpol adalah penguatan percepatan vaksin.

“Sambil kita patroli agar masyarakat tetap patuh prokes, kita juga membagikan masker dan mengajak masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi,” jelas Zaenal atau yang akrab disapa Enal, Kamis (16/9).

Tidak hanya itu, lanjutnya, ke depan akan dilakukan semacam operasi yustisi, tapi jika ada masyarakat yang belum divaksin maka akan divaksin langsung atau di tempat bersama dengan tim kesehatan, personel Tentara Nasional Indonesia-Kepolisian Republik Indonesia (TNI-Polri) serta dengan kelengkapan fasilitas.

“Masyarakat yang tidak mampu menunjukkan kartu vaksin atau bukti sudah vaksin lainnya, akan kita ajak untuk mau divaksin dan diupayakan kita vaksin langsung saat itu,” tandas Enal.

Ia menjelaskan, makanya saat ini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi agar masyarakat siap ke depannya.

“Itu masih tahap sosialisasi dulu, kita awali sosialisasi karena kalau langsung takutnya masyarakat menyangkal dengan mengatakan tidak membawa kartu vaksin. Sehingga setelah sosialisasi tidak ada lagi alasan tidak membawa kartu vaksin,” ujar Enal.

Ia menargetkan, kegiatan itu sudah dapat berjalan di bulan Oktober 2021.

Menurutnya, hal itu dilakukan tidak lain adalah untuk meningkatkan capaian vaksinasi di Majene sehingga dengan begitu upaya menekan penyebaran penularan Covid-19 dapat maksimal.

“Karena kita melihat sepertinya vaksinasi ini cukup efektif mengurangi penyebaran penularan Covid-19 seperti di kota-kota yang ada di Indonesia,” kata Enal.

Sasaran sosialisasi, tambahnya, adalah tempat keramaian seperti pasar, pusat pertokoan, dan tempat lainnya sehingga tidak menutup kemungkinan vaksin juga akan dilakukan di tempat yang sama nantinya.

Ia pun mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi prokes selama beraktivitas, utamanya penggunaan masker serta tetap membawa kartu vaksin atau bukti lain bahwa sudah divaksin.

Enal juga berharap, pandemi Covid-19 segera berlalu dan semua dapat beraktivitas seperti biasanya.
(Mutawakkir Saputra)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment