News

Tanah Amblas Sekitar 6 Meter Putus Akses Warga

Tanah amblas di Dusun Lamaro Desa Simbang, Kecamatan Pamboang, Majene, Sulbar. 

Majene, mandarnews.com – Tanah amblas kembali terjadi di Kabupaten Majene, kali ini berada di Dusun Lamaru Desa Simbang, Kecamatan Pamboang, Senin (11/10).

Warga setempat bernama Firdaus mengatakan, tanah amblas diperkirakan terjadi pada Senin (11/10) pagi yang diakibatkan oleh guyuran hujan lebat yang terjadi pada Minggu (10/10) malam.

“Mungkin faktor hujan, memang hujan tadi malam cukup lebat mulai pukul 19:00 Wita hingga pukul 22:00, meski ada jeda tapi cukup deras,” jelas Firdaus yang dijumpai di lokasi tanah amblas.

Firdaus menceritakan, sekitar bulan April lokasi tersebut sudah pernah amblas namun belum terlalu parah dan masih bisa dilalui, namun saat ini sudah sangat berbahaya sehingga akses jalan diputus yang dikhawatirkan membahayakan bagi warga dan pengguna jalan.

“Tadi pagi polisi telah mengamankan lokasi dengan memberi garis polisi agar tidak lagi digunakan warga sebagai akses,” ucap Firdaus.

Ia pun berharap, agar pemerintah dapat segera melakukan tindakan perbaikan akses sehingga aktivitas warga dapat normal kembali.

Lokasi tanah amblas berada di Dusun Lamaru, Desa Simbang. Akses ini merupakan penghubung antara Desa Simbang dan Desa Tinambung.

Akibat amblasnya tanah,  warga atau pengendara harus terpaksa memutar kendaraannya dan memilih jalan yang jaraknya cukup jauh, yakni jalan di Dusun Ratte Lambe, Desa Tinambung.

Sementara di lokasi, hampir seluruh tanah yang ada di bawah beton amblas dan jatuh ke sungai membuat jalan beton sangat rawan untuk dilalui.

Pondasi di sekitar beton juga terlihat sudah jatuh dan ambruk. Bahkan, separuh beton juga terlihat sudah amblas. (Mutawakkir Saputra)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment